Kumpulan Tutorial Komputer, Internet dan Informasi Menarik Lainnya

Like LenDu25 on Facebook
Follow LenDu25 on Twitter
Recommend LenDu25 on Google Plus
Subscribe LenDu25 on RSS

Cara Mudah Membuat Akun Gmail (Google Mail)

Bagi teman-teman yang belum mempunya akun Google Mail (Gmail) atau tidak mengetahui bagaimana cara untuk membuatnya, bisa langsung mengikuti tutorial pada artikel kali ini. Mungkin sebagian dari teman-teman berpendepat bahwa tutorial kali ini tidak begitu perlu untuk dipostingkan, karena hal ini terlalu mudah atau bisa dilakukan dengan mencobanya secara langsung tanpa harus belajar terlebih dahulu. Sebelumnya saya juga berpendapat sama dengan teman-teman, tetapi karena menurut saya di luar sana masih banyak teman-teman kita yang masih awam dengan hal-hal internet jadi akan saya postingkan cara membuat akun Gmail bagi teman-teman pemula kita yang ingin belajar lebih dalam tentang internet.

Google Mail atau yang biasa kita sebut dengan Gmail merupakan salah satu layanan surel yang disediakan oleh Google. Gmail juga merupakan layanan surat elektronik terbesar dan telah digunakan oleh banyak orang untuk membantu mengirimkan informasi secara elektronik atau kegiatan surat menyurat melalui internet. Untuk meembuat akun Gmail ikuti tutorial berikut.

Langkah-langkah:
1. Pastikan komputer atau laptop yang akan digunakan untuk membuat akun Gmail sudah terhubung ke dalam jaringan internet.
2. Buka program browser milik teman-teman, misalnya saya beri contoh Mozill Firefox. Kemudian pada form pencarian ketikkan alamat Gmail.com dan tekan enter.
3. Selanjutnya pada tampilan awal Gmail, pilih Create Account untuk membuat akun Gmail.
4. Kemudian teman-teman akan masuk pada suatu halaman yang berisi form-form pendaftaran yang harus kita isi. Silahkan masukkan semua data-data yang diperlukan sebagai persyaratn untuk membuat akun Gmail. Lihat gambar berikut ini.


Keterangan:
A. no 1: Isi dengan nama masing-masing. Isi keduanya dengan nama depan dan nama belakang atau jangan dikosongi salah satunya.
B. no 2: Pilih nama pengguna yang akan digunakan sebagai nama akun Google atau digunakan untuk login ke Gamil.
C. no 3: Isi dengan sandi untuk akun Gmail yang akan dibuat, gunakan sandi yang menarik dan pastinya mudah untuk diingat.
D. no 4: Untuk mengkorfimasikan ulang atau menegaskan kembali sandi yang teman-teman pakai.
E. no 5: Isi dengan Tanggal, Bulan dan Tahun lahir masing-masing.
F. no 6: Gender atau jenis kelamin, Male untuk Pria dan Female untuk Wanita.
G. no 7: Isi dengan nomor ponsel masing-masing. Form ini dapat digunakan untuk membantu konfirmasi akun Google kita.
H. no 8: Alamat email Anda saat ini, jika teman-teman masih belum punya bisa mengosongi form ini atau melewatinya.
I. no 9: Masukkan kode verifikasi sesuai pada gambar yang biasanya berupa kumpulan angka-angka atau huruf acak.
J. no 10: Silahkan pilih lokasi atau tempat teman-teman berada misalnya Indonesia.

5. Lalu centang perintah "Saya menyetujui Persyaratan layanan dan Kebijakan Privasi Google" dan pilih Langkah berikutnya (Next step).
6. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan seperti berikut.
Pada tampilan tersebut terdapat beberapa perintah Add a photo yaitu digunakan untuk menambahkan foto pada akun Gmail kita. Create your profile untuk membuat profile. Teman-teman bisa memilih No Thanks untuk melewati langkah-langkah di atas.
7. Kemudian pilih Continue to Gmail untuk melanjutkan ke akun Gmail yang telah teman-teman buat. Selanjutnya teman-teman bisa melakukan logout pada akun Gmail dan melakukan login kembali untuk mengecek dan memasitikan bahwa tidak ada kesalahan baik pada nama pengguna maupun password.

Sekian tutorial mengenai cara membuat akun Gmail (Google Mail), semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.



2 komentar:

Unknown said...

makasih mas, sukses terus.

LensaDunia25 said...

teriam kasih kembali, terus belajar ya.

Post a Comment