Kumpulan Tutorial Komputer, Internet dan Informasi Menarik Lainnya

Like LenDu25 on Facebook
Follow LenDu25 on Twitter
Recommend LenDu25 on Google Plus
Subscribe LenDu25 on RSS

Cara Membuat Objek Bergerak Mengikuti Alur (Motion Guide)

MACROMEDIA FLASH 8
Pada artikel kali ini, saya akan menyambung materi dasar Macromedia Flash yang sebelumnya. Saya akan menjelaskan tutorial tentang cara membuat objek atau benda bergerak mengikuti alur atau jalan dengan menggunakan Motion Guide pada Macromedia Flash Professional 8. Cara ini berbeda dengan tutorial dasar saya sebelumnya mengenai membuat objek atau benda yang bergerak, pada tutorial kali ini benda akan bergerak mengikuti alur yang telah kita buat.
Tutorial kali ini digunakan untuk membuat pergerakkan benda yang lebih bervariasi, contohnya seperti bola yang bergerak melengkung, zig-zag, berputar-putar dan lain-lain. Teman-teman pasti penasaran jadi langsung saja ikuti tutorial di bawah ini.
Langkah-langkah:
1. Buka aplikasi Macromedia Flash 8.
2. Pilih Flash Document.
3. Klik Layer 1, lalu ubah nama layer 1 menjadi lingkaran.
4. Seperti biasa, buat lingkaran dengan menggunakan Oval Tool (O), dengan cara pada lembar kerja Macromedia Flash klik kiri sambil menekan tombol Shift lalu drag atau geser sampai terbentuk sebuah bangun lingkaran (klik kiri tahan+Shift lalu geser atau drag).
5. Kemudian teman-teman klik frame 20 sebagai titik akhir frame, seperti yang sudah saya jelaskan pada tutorial sebelumnya ini digunakan untuk mengatur waktu atau lama efek dan juga kecepatan benda. Setelah itu klik kanan dan pilih Insert Keyframe.
6. Setelah itu teman-teman cari dan pilih Add Motion Guide, letaknya di sebelah kanan Insert Layer. Jika teman-teman bingung lihat gambar di bawah ini.
7. Setelah muncul Layer Motion Guide, klik titik awalnya lalu buatlah garis atau alur yang akan dipakai sebagai lintasan untuk pergerakkan lingkaran, misalnya buatlah garis zig-zag, untuk membuatnya teman-teman gunakan Pencil Tool (Y).
Note: Jangan membuat garis atau alur yang terlalu rumit atau terlalu banyak tumpang tindih karena objek tidak akan bisa mengikuti lintasannya atau bergerak mengikuti lintasan dengan baik.
8.Pada Layer Motion guide, teman-teman juga harus pilih frame 20, agar titik akhir frame Motion Guide sama dengan titik akhir frame dari Layer 1 (Layer lingkaran). Kemudian klik kanan dan pilih Insert Keyframe. Klik titik awal Layer 1 (Layer lingkaran), lalu pindahkan posisi lingkaran ke titik awal dari alur atau garis yang telah teman-teman buat, untuk memindahkannya gunakan Selection Tool (V). Usahakan titik tengah lingkaran atau porosnya berada tepat pada ujung garis atau alur.
Setelah itu klik titik akhir Layer 1 (lingkaran). Lalu teman-teman ubah juga posisi lingkaran ke titik akhir dari garis atau alur yang telah dibuat.
9. Lalu blok dari titik awal (frame 1) pada Layer 1 sampai ke titik akhir frame yaitu 20. Kemudian klik kanan dan pilih Create Motion Tween.
10. Selesai, teman-teman bisa melihat hasilnya dengan menekan tombol Ctrl+Enter.
Sekian materi dasar tentang Macromedia Flash Professional 8 dari saya, terus ikuti materi dasar Flash lainnya dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan pertanyaan teman-teman. Jangan berhenti untuk mencoba hal-hal baru yang teman-teman suka dan mempraktekkannya.
Download Hasil: Materi_3.swf (Ziddu), Materi_3.swf (MediaFire)
Download File: Materi_3.fla
Download Tutorial: Materi_3.pdf (Ziddu), Materi_3.pdf (MediaFire)

Cara Download File dari Ziddu:
Download seperti biasa, sampai pada form pengisian kode isi kode dengan benar. jika sudah tekan tombol Alt pada keyboard sambil menekan link Download yang ada di bawah kode.



2 komentar:

LensaDunia25 said...

Terimakasih kembali, senang rasanya kalau tutorialnya dapat bermanfaat.

Anwar Santoso said...

I'll do it, Thx,

Post a Comment