Kumpulan Tutorial Komputer, Internet dan Informasi Menarik Lainnya

Like LenDu25 on Facebook
Follow LenDu25 on Twitter
Recommend LenDu25 on Google Plus
Subscribe LenDu25 on RSS

Cara Membuat Animasi Objek Bergerak dan Berputar (Motion Tween Rotate)

MACROMEDIA FLASH 8
Pada artikel kali ini akan saya bagikan ke teman-teman semua tutorial dasar lanjutan mengenai Macromedia Flash 8 Professional. Saya akan menjelaskan cara membuat benda bergerak sambil berputar (rotate), jadi saya harap teman-teman dapat mempelajarinya dengan seksama. Cara yang akan kita gunakan hampir sama dengan materi tutorial flash yang sebelumnya yaitu tentang cara membuuat benda bergerak atau berpindah posisi dengan motion tween, karena tutorial kali ini memang pengembangan dari tutorial tersebut. Tetapi akan sedikit berbeda karena benda akan berputar layaknya seperti roda pada kendaraan ataupun kincir angin yang sedang berputar karena tertiup angin, jadi akan ada sedikit penambahan langkah-langkah pula pada tutorial kali ini. Sebaiknya teman-teman langsung saja ikuti tutorial di bawah ini.
Langkah-langkah:
1. Buka program Macromedia Flash 8.
2. Pilih Flash Document.
3. Pada layer 1, buat lingkaran yang bulat sempurna atau tidak lonjong dengan cara pilih Oval Tool (O), di dalam lembar kerja flash klik kiri dan drag sambil menekan tombol Shift (drag+Shift) sampai membentuk bangun lingkaran yang teman-teman inginkan. Sebelum itu jangan lupa untuk memberi warna pada lingkaran tersebut dengan cara mengklik icon-icon di bawah ini.
Pilih warna yang teman-teman suka, dari contoh gambar di atas ada dua macam pilihan untuk melakukan perwanaan, pertama Stroke Color yaitu digunakan untuk memberi warna garis pada benda, yang ke dua adalah Fill Color yang digunakan untuk memberikan warna pada bagian tengah atau isi pada benda. Kali ini saya sarankan teman-teman untuk menggunakan lebih dari satu macam warna.
Buat bangun lingkaran seperti gambar di atas, agar nantinya lingkaran tersebut terlihat seperti benar-benar berputar.
4. Kemudia pada Layer 1, pilih frame ke 20 ini digunakan untuk mengatur kecepatan benda yang akan bergerak atau panjang perintah yang teman-teman berikan. Aturlah sesuai keinginan, semakin besar angka yang digunakan maka semakin lambat atau lama benda akan bergerak dan begitupun sebaliknya. Setelah itu klik kanan dan pilih Insert Keyframe.
5. Klik titik akhir frame yaitu frame ke 20, lalu pindah posisi benda ke kiri atau ke kanan dengan menggunakan Selection Tool (V). Kemudian blok dari titik awal frame sampai titik akhir frame, lalu klik kanan dan pilih Create Motion Tween.
6. Langkah terakhir dan sekaligus langkah yang membedakan dari tutorial Motion Tween yaitu klik titik awal frame terlebih dahulu, setelah itu cari perintah rotate yang terletak di bawah lembar kerja Flash, ubah perintah yang awalnya none menjadi CW, ini digunakan untuk membuat benda dapat berputar searah dengan jarum jam atau bisa juga CCW untuk arah sebaliknya (berlawanan jarum jam).
7. Selesai sudah, teman-teman bisa mengecek hasilnya denagn menekan tombol Ctrl+Enter.
Sekian tutorial dasar mengenai Macromedia flash 8, ikuti tutorial dasar lainnya dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar pada form komentar yang telah disediakan.
Download Hasil: Materi_5.swf (Ziddu), Materi_5.swf (MediaFire)
Download File: Materi_5.fla
Download Tutorial: Materi_5.pdf (Ziddu), Materi_5.pdf (MediaFire)

Cara Download File dari Ziddu:
Download seperti biasa, sampai pada form pengisian kode isi kode dengan benar. jika sudah tekan tombol Alt pada keyboard sambil menekan link Download yang ada di bawah kode.



0 komentar:

Post a Comment