Kumpulan Tutorial Komputer, Internet dan Informasi Menarik Lainnya

Like LenDu25 on Facebook
Follow LenDu25 on Twitter
Recommend LenDu25 on Google Plus
Subscribe LenDu25 on RSS

Cara Membuat Animasi Benda Berubah Bentuk (Bertranformasi)

MACROMEDIA FLASH 8
Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari materi flash saya sebelumnya, dan juga merupakan tutorial dasar lanjutan tentang langkah-langkah membuat animasi gambar bergerak menggunakan Macromedia Flash Professional 8. Jadi tutorial dasar ini sangat penting untuk dipelajari atau sekilas untuk dibaca oleh teman-teman semua. Karena kali ini saya akan share tutorial tentang cara merubah atau transform bentuk benda-benda sederhana, misal saya berikan contoh mudahnya, perubahan dari bentuk lingkaran menjadi bentuk seperti shuriken, persegi menjadi lingkaran dan lain-lain.
Tutorial kali ini memerlukan kreatifitas yang tinggi dari pembuatnya, jadi semuanya tergantung dari imajinasi kita masing-masing. Tutorial kali ini wajib teman-teman ketahui karena sangat diperlukan dalam membuat animasi yang mengharuskan transform dari suatu bentuk ke bentuk lainnya. Selanjutnya teman-teman ikuti tutorial di bawah ini.
Langkah-langkah:
1. Buka program Macromedia Flash 8.
2. Pilih Flash Document.
3. Pada Layer 1, ubah nama Layer menjadi lingkaran dengan cara klik dua kali (double click). teman-teman bisa melewati langkah ini.
Note: langkah no 3 digunakan untuk memberikan nama pada Layer yang akan teman-teman buat.
4. Pilih Oval Tool (O), lalu kita buat lingkaran dengan cara klik kiri sambil menekan tombol Shift lalu drag dan geser sampai membentuk sebuah bangun lingkaran (klik kiri+Shift lalu drag atau geser).
Note: jika tanpa tombol Shift lingkaran yang terbentuk tidak sempurna atau lonjong.
5. Kemudian klik frame 20 (teman-teman bisa pilih angka lain), lalu klik kanan dan pilih Insert Keyframe.
Note: Pada tutorial kali ini frame 20 merupakan titik akhir frame atau bisa disebut sebagai hasil akhirnya.
6. Selanjutnya klik titik akhir frame yaitu 20, lalu geser lingkaran ke kiri atau ke kanan (asalkan berbeda dengan posisi semula) menggunakan Selection Tool (V).
Note: langkah no 6 digunakan agar benda terlihat seperti bergerak atau berpindah dari posisinya.
7. Setelah itu ubah bentuk benda dengan Subselection Tool (A). Lihat gambar dibawah ini.
Kemudian ubah dengan cara klik batas atau tepi bidang atau bangun lingkaran yang telah dibuat. Lihat gambar di bawah ini.
Lalu klik titik-titik pada garis, dan drag sambil menggesernya ke arah luar untuk merubah bentuknya sampai seperti gambar di bawah ini.
8. Lalu klik titik awal frame yaitu 1, cari perintah Tween yang ada di bawah layar lembar kerja Macromedia Flah 8. Kemudian ubah perintah Tween dari none manjadi shape.
9. Finish, cek hasilnya dengan menekan tombol Ctrl+Enter atau Enter saja.
Sekian artikel dari blog saya, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu teman-teman semua. Apabila ada pertanyaan dari teman-teman mengenai hal yang belum dimengerti atau kurang jelas, Insya'allah saya akan berusaha mencarikan solusi jawabannya. Ikuti terus artikel tentang tutorial dasar Macromedia Flash 8 lainnya. Tinggalkan komentar dan saran yang membangun bagi blog ini. Terimakasih.
Download Hasil: Materi_2.swf (Ziddu), Materi_2.swf (MediaFire)
Download File: Materi_2.fla
Download Tutorial: Materi_2.pdf (Ziddu), Materi_2.pdf (MediaFire)

Cara Download File dari Ziddu:
Download seperti biasa, sampai pada form pengisian kode isi kode dengan benar. jika sudah tekan tombol Alt pada keyboard sambil menekan link Download yang ada di bawah kode.



2 komentar:

Unknown said...

bisa buat anmsi 3D gk???

Mas Abu said...

kalau mau bikin animasi pakai saja aplikasi blender

Post a Comment