Kumpulan Tutorial Komputer, Internet dan Informasi Menarik Lainnya

Like LenDu25 on Facebook
Follow LenDu25 on Twitter
Recommend LenDu25 on Google Plus
Subscribe LenDu25 on RSS

Cara Mempercepat Kinerja PC pada WINDOWS 7

Pastinya teman-teman pernah mengalami kejadian seperti booting yang cukup lama ketika teman-teman menghidupkan atau mematikan komputer atau laptop, atau saat teman-teman membuka folder atau aplikasi menjadi sangat lambat atau biasa teman-teman sebut dengan istilah lemot. Hal-hal tersebut bisa terjadi karena mungkin sisa space atau tempat pada disk penyimpanan dan memori milik teman-teman menjadi sangat sedikit atau penuh. Hal itu disebabkan karena banyaknya file yang tersimpan dan aplikasi yang terinstal pada komputer terlalu banyak dan berlebih, padahal spesifikasi RAM dan Harddisk milik teman-teman tidak terlalu besar, dan mungkin juga komputer tersebut telah terkena virus, jika terkena virus kita bisa melakukan scanning dan membersihkannya dengan software antivirus. Teman-teman juga bisa mengurangi pemakaian aplikasi yang berlebihan dan terkadang memiliki fungsi yang sama dengan cara uninstall aplikasi, misal tidak menggunakan dua antivirus yang terkadang malah membuat semakin menurun kinerja komputer atau laptop tersebut. Selain itu ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mempercepat kinerja komputer milik teman-teman pada sistem opresi Windows 7.

Beikut langkah-langkah mudah mempercepat kinerja komputer atau laptop:

A. Mengurangi atau meminimalisir aplikasi pada Startup.
Tanpa sadar saat teman-teman menghidupkan komputer atau laptop, aplikasi yang telah kita instal secara otomatis akan berjalan pada Windows tersebut, hal tersebut dapat memperlambat waktu booting. Cara ini digunakan untuk mengurangi dan menonaktifkan beberapa aplikasi yang menurut teman-teman aplikasi tersebut tidak perlu berjalan saat komputer atau laptop dihidupkan.

Langkah-langkah:
1. Masuk Run, caranya klik Start lalu ketik Run dan Enter (tekan bersamaan tombol Windows + R pada keyboard).
2. Ketikkan msconfig (boleh menggunakan huruf balok) lalu Enter.
3. Pada tampilan selanjutnya, pilih Startup lalu klik kotak centang untuk menghilangkan centang pada aplikasi yang ingin teman-teman matikan atau dinonaktifkan. Teman-teman bisa menghilangkan semua centang dan menyisahkan untuk aplikasi antivirus dan aplikasi atau driver lainnya seperti Wifi, semakin banyak yang teman-teman nonaktifkan semakin berkurang aplikasi yang akan berjalan saat menghidupkan komputer, maka semakin cepat pula booting komputer tersebut. Lihat gambar di bawah ini.
4. Terakhir plih Apply lalu Ok untuk menyimpan perubahan.

B. Melakukan Disc Cleanup pada harddisk secara teratur.
Cara ini digunakan untuk membersihkan file-file yang tidak dipakai (file sampah) yang dihasilkan saat teman-teman melakukan browsing ke internet atau saat teman-teman melakukan uninstall aplikasi dan masih banyak lagi. Apabila terus terjadi dan dibiarkan file-file tersebut akan terus menumpuk dan dapat menghabiskan space atau tempat di harddisk komputer teman-teman.

Langkah-langkah:
1. Klik Start -- All Programs -- Accessories -- System Tools -- Disc Clenup (bisa langsung klik Start dan ketikkan Disc Cleanup).
2. Kemudain muncul tampilan untuk memilih Disc mana yang akan kita bersihkan, teman-teman pilih Local Disc C lalu Ok.
3. Pada tampilan selanjutnya pilih untuk mencentang file-file atau tempat file yang akan teman-teman bersihkan.
4. Terakhir pilih Ok, kemudian pilih Delete Files dan tunggu proses sampai selesai.

C. Melakukan Disc Defragmenter pada Harddisk secara teratur.
Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mempercepat kenerja PC adalah melakukan Defragment secara teratur. Cara ini berfungsi untuk menata kembali cluster-cluster yang teracak.

Langkah-langkah:
1. Klik Start -- All Programs -- Accessories -- System Tools -- Disc Defragmenter (bisa langsung klik Start dan ketikkan Disc Defragmenter).
2. Pada tampilan Disc Defragmenter, pilih Disc yang akan dilakukan Defragment misal Local Disc C lalu pilih Defragment Disc, dan tunggu proses Defragment sampai selesai.

D. Mengecilkan atau mengurangi Menu Show Delay.
Cara ini digunakan untuk mengurangi dan mengecilkan waktu tunda atau tunggu saat proses membuka tampilan suatu menu aplikasi.

Langkah-langkah:
1. Masuk Run (tekan tombol Windows +R). Ketikkan Regedit (boleh menggunakan huruf balok) lalu Enter atau Ok dan tunggu kemudian pilih Yes.
2. Pada tampilan Registry Editor, pilih Computer -- pilih HKEY_CURRENT_USER -- pilih Control Panel -- Desktop.
3. Pada folder Desktop, cari dan pilih Menu Show Delay yang ada di sebelah kanan folder.
4. Pilih Menu Show Delay dan klik kanan lalu pilih Modify, ubah Value data menjadi nol (0). Sebelumnya angka Value data adalah 2000 kita kurangi menjadi nol (0).
5. Terakhir pilih Ok.

Sangat mudah dan cepat bukan teman-teman, Insya'allah dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kinerja PC teman-teman akan bertambah, selain mengikuti langkah-langkah di atas, sebaiknya teman-teman juga memperhatikan software atau aplikasi yang cocok dengan spesifikasi komputer atau laptop yang teman-teman gunakan. Sekian tutorial pada artikel kali ini semoga dapat bermanfaat.





4 komentar:

Unknown said...

Sipp...

LensaDunia25 said...

Ok,... t.h.x da mampir ya gan

LOVELYZ TRILOGY said...

makasih sudah share min
https://cody.id/

AGRES said...

Makasih ya infonya bermanfaat.

Boleh dong kunjungan balik ke blog saya,
ditunggu di sini ya : https://www.agres.id

Post a Comment