Kumpulan Tutorial Komputer, Internet dan Informasi Menarik Lainnya

Like LenDu25 on Facebook
Follow LenDu25 on Twitter
Recommend LenDu25 on Google Plus
Subscribe LenDu25 on RSS

Cara Mudah Mengecek Template Blog Valid HTML5 atau Tidak

Teman-teman pasti ingin template blognya 100% valid HTML5. Saya sendiri juga sedang berusaha membuat template blog milik saya agar valid HTML5. Meskipun tidak harus 100% valid HTML5, karena saya tahu membuat template blog yang valid HTML5 bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itu sampai sekarang template blog saya masih belum 100% valid HTML5.

Sebelum teman-teman mulai membuat dan memperbaiki template blog supaya menjadi valid HTML5, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagian mana dari template blog kita yang masih belum valid HTML5 dan ada berapa banyak jumlahnya. Karena itu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mudah Mengecek Template Blog Valid HTML5 atau Tidak.

HTML5 sendiri merupakan program pengembangan dari HTML atau bisa kita sebut sebagai versi ke 5 dari HTML. Menurut dari berbagai sumber, pengembangan dari HTML ke HTML5 bertujuan untuk memperbaiki  teknologi HTML itu sendiri supaya bisa mendukung teknologi multimedia terbaru. Dengan template blog yang sudah valid HTML5 berarti templates blog kita akan lebih mudah dibaca oleh pengguna atau manusiawi dan dimengerti oleh mesin pencarian.

Pada tutorial kali ini, kita akan memanfaatkan layanan yang ada di internet yaitu melalui Validator.w3.org. Karena itu, untuk melakukan tutorial ini kita membutuhkan koneksi internet. Dengan layanan tersebut teman-teman dapat mengecek dan mencari bagian-bagian mana dari template blog kita yang masih belum valid HTML5. Lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah:
1. Buka browser, lalu kunjungi Validator.w3.org.
2. Setelah muncul halaman utama Validator.w3.org. Masukkan alamat blog atau website pada kolom isi Address. Klik More Options dan centang pilihan Show Source. Lihat gambar di bawah ini.
3. Terakhir pilih Check. Tunggu sebentar sampai muncul halaman baru yang menampilkan kode atau skrip blog kita yang tidak vaild HTML5 (untuk yang belum valid). Skrip dan bagian- bagian tersebutlah yang harus teman-teman edit dan perbaiki supaya valid HTML5.

Langkah di atas digunakan untuk mengecek template blog valid HTML5 pada halaman utama blog. Untuk mengecek halaman lain pada blog, misalnya halaman artikel blog, Sitemap blog dan lain-lain kita bisa menggunakan cara di atas dengan mengganti URL halaman pada kolom isi Address.

Sangat mudah bukan teman-teman, sekarang tinggal kita perbaiki kode dan bagian template blog yang masih belum valid HTML5. Teman-teman dapat mencari tutorialnya di internet, karena ada banyak sekali blog atau website yang memposting tutorial mengenai Cara Membuat Template Blog Valid HTML5. Salah satu yang saya sarankan yaitu dari blog.kangismet.net.

Sekian artikel dari saya dan terus kunjungi LensaDunia25.blogspot.com untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya. Terimakasih.




0 komentar:

Post a Comment