Kumpulan Tutorial Komputer, Internet dan Informasi Menarik Lainnya

Like LenDu25 on Facebook
Follow LenDu25 on Twitter
Recommend LenDu25 on Google Plus
Subscribe LenDu25 on RSS

Cara Memasukkan Text pada Halaman Web Menggunakan Kode HTML

Bagi teman-teman yang ingin belajar desain web baik untuk keperluan blogging atau yang lainnya, saya rasa tutorial dasar ini sangat cocok untuk teman-teman semua pelajari. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai dasar-dasar HTML, saya akan memulainya dengan tutorial tentang Cara Membuat Text atau Kalimat ke Dalam Suatu Halaman Web menggunakan Skrip HTML. Disini kita akan menggunakan beberapa tag dasar HTML. Lebih jelasnya silahkan teman-teman ikuti tutorialnya di bawah ini.
Pertama-tama buka program Notepad atau Notepad++ (saya sarankan untuk menggunakan Notepad++ karena dapat membantu mempermudah teman-teman).
Lalu ketik atau copy paste skrip HTML di bawah ini.

<html>
<head><title>dasarHTML1</title></head>
<body>
Saya sedang belajar dasar-dasar HTML
</body>
</html>

Kemudian Save atau simpan skrip di atas dengan nama dasarHTML1.html dengan Save as type: All types(*.*).
Keterangan:
Dalam skrip HTML di atas terdapat beberapa tag dasar HTML diantaranya yaitu, <html>, <head>, <title>, dan <body>. Skrip HTML di atas digunakan untuk menampilkan text dalam suatu halaman web dengan judul "dasarHTML1" dengan isi "Saya sedang belajar dasar-dasar HTML" dengan nama halaman web "dasarHTML1.html".
Untuk mengecek hasilnya silahkan buka file dasarHTML1.html. Nantinya, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.
Sekarang kita akan menambahkan text lagi di bawahnya dengan menggunakan jenis, ukuran dan warna font tertentu. Kita masih menggunakan skrip HTML di atas dengan sedikit mengedit dan menambahkan beberapa tag HTML lainnya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Pertama edit file dasarHTML1.html dengan cara klik kanan lalu pilih Open with >> Notepad atau jika menggunakan Notepad++ pilih Edit with Notepad++.
Kemudian edit skrip seperti contoh di bawah ini.

<html>
<head><title>dasarHTML1</title></head>
<body>
Saya sedang belajar dasar-dasar HTML<br>
<font color="yellow" size="4px" face="arial">Saya senang belajar dasar-dasar HTML</font>
</body>
</html>

Lalu Save skrip di atas.
Keterangan:
Tag <font> pada skrip di atas digunakan untuk mengedit atau mengatur font atau text seperti, warna (color), ukuran (size), ataupun jenis text (face atau style). Teman-teman dapat mengubahnya sesuai selera.
Hasilnya skrip di atas akan menampilkan kembali di bawahnya berupa text berwarna "kuning" dengan ukuran font "4 pixel" dan menggunakan font style "arial" di dalam halaman web tersebut. Tag <br> pada skrip di atas digunakan untuk mengganti baris text atau kalimat dari "Saya senang belajar dasar-dasar HTML".
Silahkan teman-teman cek, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.
Saya rasa cukup tutorial mengenai dasar-dasar HTML, Insya'allah akan saya sambung lagi. Jadi tetap kunjungi LensaDunia25.blogspot.com, dan semoga tutorial kali ini oleh teman-teman mudah untuk dimengerti. Apabila teman-teman tidak paham atau masih bingung, silahkan untuk memberikan pertanyaan dengan mengisikannya ke kotak komentar yang telah disediakan. terimakasih.
Download Hasil: Materi_Dasar_HTML-1.html
Download Tutorial: Materi_Dasar_HTML-1.pdf





3 komentar:

Unknown said...

cra ngatur posisi text nya gmana gan???

LensaDunia25 said...

banyak cara gan, insya'allah akan saya jelaskan di tutorial selanjutnya. terus ikuti terus tutorialnya gan.

S_r said...

Terimakasih atas ilmu yang kakak bagikan, sangat berguna sekali , memudahkan Saya untuk memenuhi tugas kuliah pemrogramann web Saya, next blog selanjutnya ya kak, terus berkarya Dan buat blog yang bermanfaat Dan menarik . Perkenalkan nama Saya : Shofi Rachmawati , NIM : 1922500133 , Dan link kampus Saya : https://www.atmaluhur.ac.id

Post a Comment