Kumpulan Tutorial Komputer, Internet dan Informasi Menarik Lainnya

Like LenDu25 on Facebook
Follow LenDu25 on Twitter
Recommend LenDu25 on Google Plus
Subscribe LenDu25 on RSS

Cara Mudah Mengambil Screenshot pada Komputer Windows 7

Screenshot merupakan suatu cara untuk mengambil gambar yang ada pada tampilan layar komputer atau laptop.

Biasanya Screenshot digunakan untuk mengambil tampilan layar yang sedang kita jalankan (aktif) dan kemudian menyimpannya atau bisa juga membagikannya kepada orang lain.

Bagi para Blogger Screenshot digunakan untuk membantu mereka dalam membuat artikel blognya. Misalnya saja untuk blog yang berisi tutorial maka diperlukan gambar yang fungsinya untuk mendukung dan mempermudah para pembaca untuk memahami tutorialnya.

Dan pada artikel kali ini sobat LensaDunia25 akan menjelaskan mengenai cara mudah mengambil Screenshot pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 7. Ada beberapa cara yang dapat teman-teman gunakan untuk lebih jelasnya langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah:

1. Menggunakan tombol Windows + Prt sc

Cara ini merupakan yang paling umum dan banyak digunakan untuk mengambil Screenshot. Caranya teman-teman tinggal menekan tombol pada keyboard yaitu tombol Windows dan Prt sc secara bersamaan.

Tombol Windows (tombol yang ada gambar seperti jendela) biasanya terletak di bagian kiri bawah keyboard sedangkan tombol Prt sc (Print screen) berada di pojok kanan atas keyboard laptop atau komputer.

Secara otomatis teman-teman sudah mengambil dan mengkopi tampilan layar yang sedang dibuka atau dijalankan. Selanjutnya buka program Paint dan Paste dengan menekan tombol Ctrl + V untuk mendapatkan gambarnya.

Terakhir silahkan teman-teman edit gambar hasil Screenshot tersebut menggunkan Paint dan menyimpannya.

Contoh gambar Screenshot yang diambil dengan menggunakan tombol Windows + Prt sc.

2. Menggunkaan tombol Alt + Prt sc

Cara kali ini hampir sama dengan cara yang pertama, hanya saja kali ini kita menggunkan kombinasi tombol Alt + Prt sc pada keyboard komputer atau laptop.

Dan juga yang membedakan dengan cara nomor 1 hasil Screenshot yang didapat dengan cara ini hanya berupa gambar pada aplikasi yang aktif (dijalankan) saja.

Di bawah ini contoh gambar Screenshot yang diambil menggunakan tombol Alt + Prt sc pada keyboard.

3. Menggunakan aplikasi Snipping Tool.

Snipping tool sendiri merupakan aplikasi bawaan dari Windows yang fungsinya untuk mengambil Screenshot atau tampilan layar pada komputer atau laptop.

Jadi teman-teman tidak perlu khawatir untuk mendownload nya terlebih dahulu dari internet karena aplikasi ini telah tersedia di komputer atau laptop dengan sistem operasi windows 7.

Berikut ini cara mengambil Screenshot menggunakan Snipping tool:

- Pertama kita buka terlebih dahulu aplikasi atau tampilan layar yang akan diambil Screenshotnya.

- Setelah itu jalankan program Snipping tool. Caranya klik Start lalu ketikkan Snipping tool pada form Search programs and files.

- Lalu jalankan program Snipping tool. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

- Klik New. Kemudian ambil Screenshot dengan cara mendrag kursor ke area atau tampilan yang teman-teman inginkan. Seperti di bawah ini.

- Terakhir Save untuk mendapatkan gambar Screenshotnya.

Sangat mudah dan cepat bukan teman-teman. Silahkan pilih cara atau langkah yang menurut teman-teman paling cocok untuk digunakan.

Karena menurut sobat LensaDunia25 cara-cara di atas merupakan yang paling mudah dan cepat untuk mengambil Screenshot pada komputer atau laptop Windows 7.

Sekian artikel kali ini. Terus kunjungi LensaDunia25.blogspot.com untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya. Terima kasih.





1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Kang karli said...

Blog bagus gan, sering sering upload artikel ya

Post a Comment

Next Older Post