Kumpulan Tutorial Komputer, Internet dan Informasi Menarik Lainnya

Like LenDu25 on Facebook
Follow LenDu25 on Twitter
Recommend LenDu25 on Google Plus
Subscribe LenDu25 on RSS

Cara Mudah Merubah Format Video Menggunakan Format Factory

Pada artikel kali ini sobat LensaDunia25 akan membagikan tutorial menarik yaitu tentang Cara Merubah atau Konversi Format Video Menggunakan Aplikasi Format Factory.

Format Factory merupakan aplikasi yang berfungsi untuk melakukan konversi berbagai macam format file mulai dari file audio, video, dokumen dan gambar. Jadi tidak hanya file video saja yang dapat diubah menggunakan Format Factory.

Format Factory mendukung berbagai macam format ekstensi mulai dari:

- Untuk Video    : MP4 / 3GP / MPG / AVI / WMV / FLV / SWF.
- Untuk Gambar : JPG / BMP / PNG / TIF / ICO / FIF / TGA.
- Untuk Audio : MP3 / WMA / AMR / OGG / AAC / WAV.

Mengubah atau mengkonversi format file menggunakan aplikasi Format Factory akan mengurangi resiko merusak file hasil konversi. Misalnya seperti file hasil konversi yang saat dibuka error atau mengalami corrupt.

Bagi sobat LensaDunia25 sendiri Format Factory merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting dan harus ada pada laptop atau komputer.

Bagi teman-teman yang belum memiliki aplikasi Format Factory pada kompuer atau laptopnya silahkan unduh terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui website resminya.

Jika sudah langsung saja teman-teman ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah:

1. Jalankan program Format Factory. Maka akan muncul halaman utama Format Factory.

2. Karena kita akan merubah format video maka pilih Video. Kemudian pilih format video yang teman-teman inginkan (ingin diubah ke format apa). Misalnya kita pilih MP4 lihat gambar di bawah ini.

3. Setelah muncul tampilan baru seperti gambar di bawah ini.

Silahkan pilih Add File untuk membuka file video yang akan kita konversi atau ubah formatnya. Cari videonya berdasarkan letak Disk dan folder, jika sudah klik Open untuk membukanya ke dalam aplikasi Format Factory.

4. Maka videonya akan terbuka di dalam lembar kerja Format Factory. Lihatlah gambar di bawah ini.

5. Pilih Output Setting jika teman-teman ingin merubah settingan hasil file videonya. Misalnya seperti mangatur kualitas, ukuran pixel videonya dan supaya bisa compatible dengan perangkat pemutar video yang kita ingnkan. Lihat gambar di bawah ini.

Jika sudah sesuai klik Ok.

6. Kemudian buat folder sebagai tempat untuk menyimpan hasil video konversinya. Caranya klik Output Folder lalu pilih Add Folder dan tentukan di Disk mana teman-teman ingin menyimpan video hasil konversinya. Lalu klik Ok.

7. Klik Ok maka akan muncul tampilan awal Format Factory. Silahkan klik Start unuk memulai proses konversi videonya. Lihat gambar di bawah ini.

8. Silahkan teman-teman tunggu proses konversi sampai selesai.

Setelah proses konversi video selesai dan berhasil. Selanjutnya tinggal teman-teman cek hasilnya pada folder  yang telah dibuat. Apakah video hasil konversi sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh teman-teman.

Cukup mudah dan cepat bukan. Dengan menggunakan Format Factory kita jadi bisa merubah format video yang kita inginkan agar bisa compatible baik dengan Komputer atau laptop maupun Smartphone kita.

Sekian artikel dari sobat LensaDunia25, apabila ada pertanyaan yang berhubungan dengan artikel di atas, atau memiliki saran dan pendapat yang dapat membantu sobat LensaDunia25 silahkan memberikan komentar melalui artikel kali ini. Terima kasih.




0 komentar:

Post a Comment